Friday 31 May 2013

A "magical software" for the short-term decision tree



31 May 2013

Hari itu, kami berkumpul untuk class consultation, mata kuliah ekonomi kesehatan, membahas Markov model.  Markov model itu, kurang lebihnya, bisa dijelaskan sebagai salah satu model yang bisa dipakai untuk menjelaskan dampak penyakit baik biaya ataupun outcomenya (bisanya berupa kualitas hidup penderita dalam satuan yang disebut QALYs) untuk membandingkan apakah suatu obat, tindakan atau intervensi lainnya cost-effective atau tidak.

Walhasil, itulah yang kami kerjakan hari itu di lantai 7- Myer Building, kantor Department of Population Health and General Practice, the UofA.

Professornya menjelaskan banyak hal sebelum akhirnya seorang peserta tiba-tiba nyeletuk. “Prof, can I interrupt you a moment?”

Sure, “ kata Prof tersebut. Usianya masih sangat muda. Awal-awal 40 kutaksir.

What software do you usually use to build your short-term model?”

salah satu contoh short-term model decision tree yang saya ceritakan


“Please, look at what I’ve done”

Ia mengangsur ke depan, nunjukin short-term model yang dia buat, lengkap dengan tampilannya yang hancur. Saya pernah membuat “kehancuran” yang sama untuk model yang saya buat sebelumnya.

Professor tersenyum. “I make them on  Microsoft excel.” Sahut Sang Prof enteng.
Ia mulai membuka filenya, mengklik program Ms Excel, lalu membuat short term modelnya dengan memainkan tombol border kiri, border kanan, atas dan bawah dengan santainya. Saya tertegun. Itulah juga yang saya lakukan setelah menyerah dengan model yang saya buat sebelumnya.

“Hoah.. Really? Are you kidding me?” Teman Kenya ini benar-benar ceplas-ceplos walau pada seorang professor. Kita orang Indonesia tampaknya tak selugas itu menyahuti suatu hal kepada seorang professor. Apalagi yang sekaliber beliau, tulisan-nya langganan jurnal-jurnal terhormat seantero jagad. Tapi sang Prof menanggapinya seraya senyum saja. Tak masalah, rupanya.

So,  untuk yang sedang kesulitan membangun short-term decision tree for the Markov Model, no magic software is needed to build it. You can do that manually by using a very simple magical software named  Microsoft excel. It is simply done by playing with your “border” tab !  

2 comments:

  1. bulan !

    I am amazed that finally, after months, someone has come and left their lovely long laugh here,

    I am not fair. I visited your blog few days ago and I left without a comment. I promise to comeback short after finishing some bulky assignments.

    thanks.

    ReplyDelete