Thursday 23 January 2014

Kapan Sunatan AlisKlamp Sembuh Total?



Pertanyaan itu terus membayang-bayangi kami setiap kali tiba waktu untuk mengompres luka putra kami. Sebagai orang tua yang dengan kesadaran sendiri memilih metode AlisKlamp, bukan hal yang mudah untuk mencari jawabnya. Sembari berusaha browsing, bertanya pada rekan juga rupanya tidak memberi jawaban yang memuaskan. 

Foto alat AlisKlamp, dipinjam dari Zulkafperi Hanapi, The Circumcision Procedure

Sepanjang itu, kami tidak ingin mengobati secara agresif mengingat pada area luka dan keadaan putra kami secara umum baik, tidak terlihat tanda infeksi. Hanya luka yang masih basah, terutama yang di bagian lipatan bawah yang menyentuh kantung pelir. Tindakan sepanjang itu hanya sekedar mengompres pagi dan sore dengan cairan betadin yang diencerkan dengan larutan Infus NaCl. Menjaga luka agar tidak basah, dengan jalan melindunginya dari air saat mandi dan pipis. Menjaga luka agar tidak bersih. Antibiotik yang dia minum saya hentikan saja.

Cukup lama, sehingga pada hari ke-dua puluh empat pasca operasi sirkum sisi (sunatan) baru saya amati bahwa lukanya sudah betul-betul kering. Puntung hitam bekas potongan kulit dan jaringan mukosa penis yang tertinggal tidak saya buka sendiri dan menunggu saja sehingga ia terlepas sendiri. Walhasil, seluruh proses menjadi “clear”, bersih dan sembuh pada hari ke 27.
A confused face, dipinjam dari blog  Aisha

Hm, this one was a very confusing moment for us!

Jadi jika ada yang ingin bertanya, besok atau lusa, berapa lama penyembuhan luka pada suna smartklamp atau alisklamp? Jawaban saya sudah pasti. Berdasarkan pengalaman kami sendiri 24 hari.

41 comments:

  1. saya sedikit telat ketemu blog ini, anak saya juga mengalami hal yang hampir sama skrg sudah hari ke-10 tp kepala penis nya masih terlihat bekas luka dan sebagian keluar nanah sedangkan lingkaran hitam bekas sunat masih menempel. Saya jd agak khawatir melihat proses pulihnya tidak secepat seperti yang saya baca di internet. saya menyesal menggunakan metode smart clamp ini karena penyembuhan bahkan lebih lama dari sunat onvensional

    ReplyDelete
  2. saya sendiri sekitar 13 hari yang lalu sunat dengan menggunakan Smartklamp, bagian atas sudah kering hitam sementara bagian bawah masih sedikit basah seperti yang Ibu tuliskan diatas, jujur saya agak menyesal sunat menggunakan teknik smartklamp ini karena proses penyembuhan yang tidak sesuai dengan apa yang dipromosikan.. saya sangat berterima kasih dengan tulisan Ibu karena memberikan saya sedikit kelegaan perkiraan kapan luka saya bisa sembuh..

    ReplyDelete
  3. Betul sekali bu, anak saya juga pakai metode smart clamp, sampai sekarang (hari ke 10) belum menampakkan tanda2 kesembuhan hiks

    ReplyDelete
  4. terima kasih tulisan yang bermanfaat tapi saya juga terlambat bacanya.. sebelum anak sunat pakai smart clamp sudah browsing dan tidak ditemukan kekurangannya, maka kami putuskan pakai smart clamp. Masuk hari ke 9 masih belum ada tanda2 kering lukanya. smart clamp hanya memudahkan dokternya saja, padahal iklannya langsung bisa beraktifitas bahkan berenang . .

    ReplyDelete
  5. Kami hari ini baru saja lepas tabung clamp anak di klinik sunatnya. Lepas total walau ada sedikit lengket dan luka blm benar2 kering. Dokter wanti2 kalau nanti ereksi kemungkinan luka akan terbuka dan disarankan jgn kena air dulu. Anak saya usia 10thn dan agak cuek aja dgn keseluruhan proses khitan dr awanya. Sekarang penis nya dalam keadaan bengkak sebelah lebih besar. Dia sudah berusaha aktifitas ringan dengan bercelana krn malu dan bosan dikamar saja. Untuk pipis memang ada faktor psikis tapi Alhamdulillah saat pipis diajak ngobrol akhirnya relax sendiri dan berhasil pipis. Saya diberi saran agar luka cepat kering anak jangan makanan yg diproses seperti kornet, sosis, keju. Makanan laut, makanan instant, junkfood dan kurangi makanan yg manis2. Insya Allah semua kesembuhan anak2 kita diberikan kelancaran. Amiin YRA

    ReplyDelete
  6. Saya habis menghitankan anak saya dengan metode alis clamp, benar saja lama pulih nya ini sudah hari ke 11 tapi blm juga kering, masih basah dan ad putih putihnya di lingkar penis. beda dengan kakak nya khitan dengan metode konvensional lebih cepat pulih nya, 6 hari sudah pulih.

    ReplyDelete
  7. Aduh baru ktm ni artikel abis sunat...udh hampir seminggu sekelilingnpenis kayak ada benjolan wrna pink gtu, lukanbekas clamp yg wrna item juga blum lepas,,,mana anku masih bayi..klopun sakit belum bisa bilang....hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba .Sembuhnya brp lama ya? Anaku baru 2hari ini ..Pake alisclamp . Masih bayi .Beneran lama kah ?

      Delete
    2. Keluhanya pipis kaya anyang2an ga tuntas gitu.. Sering bgt pipis kadang banyak bgt kadang ga terlalu. Saat tidur Kl mau pipis mesti kebangun dulu kaya gelisah tp g nangis. Harusx kl bayi mau pipis kan pipis aja yah,, ga sampai harus kebangun keganggu gitu tidurnya.. Udah ke dokter, Saran dsa disunat krn fimosis . Dan Sudah sy sunat dengan metode klamp seminggu lalu .. Alhamdulillah pipisx lancar mancur.. Tp tetep sblm pipis Kadang masih aja kaya gelisah gitu saat tidur.. Mungkin msh kaya trauma atau gmna.. Apa memang begitu bun 🙏🙏🙏

      Delete
    3. Sekarang gimana bayi nya mbak.. Apa sudah sembuh.. Soal nya bayi saya juga baru saya sunat dgn smartklamp.. Tabung dah di lepas.. Tpi luka bagian belakang yg dekat dengan telur nya itu masih basah.. Ada putih2 gitu mcm nanah.. Saya sampai nangis lihat nya..

      Delete
  8. Anak Saya juga bu, sudah masuk 15 Hari bagian bawah pelir bengkak Dan memerah, padahal Masuk sekolah tinggal 4 Hari lagi.....😭😭😭

    ReplyDelete
  9. Maaf ibu-ibu, baru sempat mengomentari semua komentar. Mudah mudahan putra-putranya ibu ibu semua sudah semubuh, dan yang lukanya masih belum pulih, saya doakan lekas pulih ya bu. Sekarang ini jika saya ditanyai baiknya sunat pake cara apa? Saya mulai tidak ragu menyarankan yang konvensional saja, lebih lega, lebih jelas. Pake klamp, kesembuhannya bervariasi banget. Tapi saya sempat nemu juga ibu yang bercerita bahwa penyembuhan dengan metode klamp cukup cepat. Tapi jarang sih. Rata-ratanya ngeluh lama.

    ReplyDelete
  10. Anak sy sudah 3 hari tp nyeri nya setiap mlm sampai ga bs tidur, sy kira sesuai dengan artikelnya ternyata beda banget😭

    ReplyDelete
  11. Anak sy 11thn sunat smart clamp hari ke 14 masih basah lukanya.. jaringan nekrotik yang hitam berubah jadi kuning kemudian mengeras dan terkelupas. Agak berbau tp kt dokter ini bukan nanah
    Namun lukanya masih ada cairan bening kekuningan. Sy kompres betadine setiap hari stl mandi atau pipis.. berharap luka segera kering..

    ReplyDelete
  12. sampai sekarang sudah 15 hari anak saya juga belum pulih total karena cincin mikrotiknya belum lepas dan masih ada sedikit luka basah saya tiap pagi dan sore terus mengompres lukanya dengan rivanol, sunat klamp ini sangat lama pemulihannya saya tidak rekomendasi lebih baik sunat laser dan konvensional saja terjamin lebih cepat pulih

    ReplyDelete
  13. Hai ibu ibu semua, ketemu blog ini keluhannya sama semua...anakku disunat klem ini di rumah sunat margonda depok tgl 1 Feb kemaren usia 6 thn, emergency karna anakku ada keluhan gatal, ayahnya menyuruh segera sunat, akhirnya dieksekusi. Sampai hari ke 10 luka sama spt ibu ibu sharing, ada putih putih di kepala penis, ada sedikit cairan kuning spt nanah di dkt lingkaran hitam bekas klem dibawah dkt zakar, sempet saya foto kondisi penis ke cs rumah sunatan dan menanyakan apakah normal, mereka bilang aman. Tapi kemaren saya cek kondisinya udah lumayan kering gak benyek gitu ya.., sunat tgl 1, lepas klem tgl 6, waktu saya kirim foto setelah lepas.klem, saya tanya boleh gak dibersihkan dgn revanol, mereka bilang gak boleh malah nambah benyek nanti, jadi cukup kompres betadin dgn byk di kain kasa , tp kl saya selain kompres kasa, setelah kasa beradine saya copot perlahan, saya tetesin lagi langsung ke area luka full , sambil di tadangin kasa bersih di atas zakar dan dibawah penis, lalu tunggu kering baru saya pakekan celana batok sunat. Saya sempet tanya juga yg katanya boleh dibersihkan cairan nacl yg spt botol infus yg disemprotkan sebelum klem dicopot jika mau dipakai untk bersihan penis setelah lepas klem, tp saya blom pakai nacl nya setelah lepas klem ini. Masih dengan kasa betadin dan tetes betadin aja langsung. Tapi ada progress sedikit dikit luka mengering. Itu aja sharing saya. Makasih ibu ibu semua. Semoga anak anaknya semua cepet kering luka dan sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, setelah 3 hari lepas klamp apakah sudah bisa kena air kalo mandi / tetap menggunakan celana plastik sampai lukanya benar-benar kering?

      Delete
  14. Iya sama, ini hr ke 2 anak sy lepas klemp, penisnya menjadi sprti bengkak warnanya mulai agak keunguan, saya kira jg sama metode klemp ini lbh cpt pemulihannya, ternyata tidak, lbh baik sunat yg konvensional saja sprti kakaknya malah lbh cpt sembuhnya

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum.. ..bgaimana anaknya sudah sembuh

    ReplyDelete
  16. Sama anak sy sunat metode klemp sudah hari ke 15 masih basah merah gitu ternyata lama penyembuhannya gak kayak kakaknya sunat laser 6 hari dah sembuh

    ReplyDelete
  17. Pengalaman anak saya sunat dengan metode smart clamp relatif lancar. Hari ke 5 setelah sunat, clamp dilepas. Tapi tabungnya dibiarkan tidak dilepas. Kata dokternya, nanti tabungnya akan lepas sendiri. Dikasih cairan NaCl. Sehari kemudian (hari ke-6) tabung copot sendiri. Tidak ada keluhan. Setelah itu aktivitas normal, hanya ditambah kompres betadine 3× sehari. Seminggu kemudian cincin kulit yang hitam (jaringan nekrotik?) nya sudah lepas sendiri. Jadi totalnya 2 minggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tabungnya bisa lepas sendiri apa tdk perlu diberikan babyoil?? Hari ni anak saya baru kontrol lepas klamp kuncinya tabungnya belum masi sy tetesi baby oil

      Delete
  18. Anak saya sunat tgl 5juli kmren n dihari k5 pgi hr ank sy lepas clampnya tp tbung msh mnempel dsruh berendm d.air hngat sorenya stlh brndam lepas sndri tapi yg jd pikiran bagi saya n suami stlh itu lepas 2hri brkut ada tonjolan spt donat dket lingkaran hitam mkin lma mkin memerah smpai skrg dluka hitam juga msh suka kluar darah n nanah dkit2 ....n sering sobek dket bekas luka klo P ank sy lg berdiri
    saya sedih liatnya...proses pnyembuhannya lama...ini udh 16hri😭😭😭

    ReplyDelete
  19. Hari ini pelepasan klamp... Keliatan bengkak,tabung ny pun akan dibiarkan lepas sendiri... Semoga proses ny gag lama yaaa....

    ReplyDelete
  20. Waduh saya jadi ngeri liatnya saya sunat dewasa ini hari ke 4 saya rasanya perih blum lepas klemnya tunggu hari ke 5 atau 7. Semoga titid sya nga kenapa napa

    ReplyDelete
  21. aduh telat baca artikel ini ,sekarang anak saya sudah 6 hari pake clamp harusnya hari ini di copot tp.dokternya malah ga ada😥😥 ,dan sekarang membengkak dan area tabungnya terlihat seperti keunguan....aja nyesel pake clamp janjinya cepet tp malah membengkak setelah 1 mgr nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nyesel jg br baca,anaknsy juga baru saja dilepas klem nya,tp dr hr pertama sampai sekarang hr ke 6 masih mengeluh kesakitan.Padahal kata kliniknya ini metode paling cepat dan paling nyaman buat anak.Ternyata konvensional sepertinya malah lebih cepat sembuhnya.

      Delete
  22. Kalau bentuk akhirnya bagaimana bu? Bagus yg khitan konvensional, klem atau laser?

    ReplyDelete
  23. Sangat amat telat sekali saya baca artikel ini,, anak saya tgl 1 Agustus di khitan alisklamp selama pakek tabung penis anak saya seperti bengkak Krn terjepit si tabung,setelah 4hari kemudian km kerumah sunat utk membuka tabung dan saya lihat ada luka2 bekas dokter memasukan penis anak saya ke tabung alisklamp,,setelah sdh di buka tabung nya saya obatin penis anak saya dengan sll memberi betadin menggunakan kasaa steril,dan luka bekas dokter memasukan penis ketabungnya sembuh,katanya cincin bekas jepitan tabung akan lepas dengn sendirinya setelah 7 hari tp skr sdh mau sebulan blm lepas2,, sdh Konsul sm rumah khitannya katanya disuruh berendem sm air hangat selama 30 menit setelahnya di ks hand body penis nya tp ms ttp tak kunjung lepas cincin hitam bekas jepitan alat alisklamp nya,, sungguh benar2 menyesal saya memilih metode khitan ini,, udah mahal ternyata tidak seperti apa yg sdh di promosikan,, sya pikir metode ini hny mempermudah dokter utk proses khitan saja,dan kini setelah 1 bulan proses khitan cincin hitam bekas jepitan alisklamp anak saya blm jg lepas.. apa tdk jd pikiran saya coba🤔☹️☹️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bun gmna keadaan anaknya sekarang apa sekarang sudah sembuh total anaknya. Boleh sharing ya Bun. Anak saya juga ini sudah hari ke 13 luka Uda kering to kok masih bengkak ya.

      Delete
  24. Saya sangat telat menemukan artikel ini, anak saya ada fimosis, karna di RS jadwal operasi anak saya ditunda2 terus, akhirnya cari2 rumah sunat, ketemulah rumah sunat dg metode klamp ,, awalnya seneng dong akhirnya anakku bisa sunat 2hari udah bisa main, pas udah lepas klamp baru keliatan keluhannya, mulai bengkak dibekas jepitan nya, bernanah dan benyek gitu, di kepala p****snya, saya jadi worry deh ini udah hari ke 13, masih benyek dan sering berdarah lagi di luka korengnya.. Nyesel pake metode klamp ini, tau begitu mending sunat laser atau konvensional saja.. Udah mahal tapi hasilnya begini... Semoga saja di hari 24 udah bisa sembuh kayak penjelasan artikel di atas.. Makasih ya min udah nulis artikel sangat bermanfaat sekali. Semoga yang sedang menjalani khitan metode klamp ini cepet diberikan kesembuhan..Aamiin

    ReplyDelete
  25. Anak saya umur 5bln juga baru saja sunat dg metode smart klamp,perawatanya setiap habis pipis di bilas dg cairan nacl,luka dibagian yg dijepit diberi betadine 3x sehari, sama saya kasih minyak herbal sinergi hpai bun di bagian bawah penisnya yg dekat tabung buat ngurangin bengkak. Hari ke-4 berendam,hari ke-5tabung dilepas. Setelah dilepas dokter menyarankan luka bekasnya dikasih minyak tsb jngn betadine,dan tetap membilas mr.p anak dg nacl dan saya baluri minyak tsb setiap hbs pipis,alhamdulillah hari ke 12 lingkaran hitam lepas dan luka mulai mengering. Belinya dimana minyak herbal tsb saya kurang tau ya bun,pemberian mertua soalnya.

    Makasih semoga pengalaman saya bs sedikit membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu oles minyak sinergi nya langsung ke luka yg basah ya bun.. Soal nya anak saya baru lepas tabung klamp.. Luka nya masih ada yg basah di bagian belakang penis.. Kalau saya oleskan minyak itu bisa gak ya soalnya anak saya berumur gak sampai 2 bulan.. Saya takut lihat penis nya mcm itu

      Delete
  26. Anak saya 9 th di khitan dengan metode klamp, proses khitan berjalan lancar tanpa kendala,hanya reaksi sakit saat dsuntik anestesi,,saat plg kerumah si anak masih ceria tdk merasa sakit karena efek kebal anestesi masih ada,setelah efek anestesi hilang si anak mngeluh kesakitan hingga hari kelima buka klem masih merasa sakit dan penis masih sangat bengkak,di beri obat bengkak dexametason dan antibiotik,dan berjalan waktu akhirnya di hari ke 14 penis masih bengkak sedikit dan ada lingkaran hitam bekas klem belum lepas namun si anak sudah ceria dan sdh bisa pakai cd ,dapat bermain dengan teman2 nya kembali,

    ReplyDelete
  27. Anak saya 6th, 8 hari yang lalu terpaksa khitan karena fimosis. Malam ini di hari ke 8 setelah khitan, saat tidur malam, terbangun dan mengeluh perih tititnya. Saya cek, tititnya di bagian samping kanan berdarah tidak banyak dan ada luka terbuka tentunya yang masih basah lukanya. Alat klamp tidak di lepas oleh dokter pada saat kontrol, dibiarkan lepas dengan sendiri nya dengan rutin berendam air hangat. Meski sudah pernah merawat si kakak yang dulu khitannya metode laser, saya betul-betul panik. Hubungi dokter malam-malam nomer nya tidak aktif, saya berharap segera pagi dan dokter membaca WA saya. Saya rasa khitan metode laser tidak bikin sepanik ini dan perawatannya juga lebih mudah. Semoga keadaan si adek ini normal dan proses penyembuhannya tidak lama...

    ReplyDelete
  28. Anak saya 6th, 8 hari yang lalu terpaksa khitan karena fimosis. Malam ini di hari ke 8 setelah khitan, saat tidur malam, terbangun dan mengeluh perih tititnya. Saya cek, tititnya di bagian samping kanan berdarah tidak banyak dan ada luka terbuka tentunya yang masih basah lukanya. Alat klamp tidak di lepas oleh dokter pada saat kontrol, dibiarkan lepas dengan sendiri nya dengan rutin berendam air hangat. Meski sudah pernah merawat si kakak yang dulu khitannya metode laser, saya betul-betul panik. Hubungi dokter malam-malam nomer nya tidak aktif, saya berharap segera pagi dan dokter membaca WA saya. Saya rasa khitan metode laser tidak bikin sepanik ini dan perawatannya juga lebih mudah. Semoga keadaan si adek ini normal dan proses penyembuhannya tidak lama...

    ReplyDelete
  29. Semoga anak qt smua cepat pulih ya bun.. Ternyata bukan saya doang yg khawatir seprti ini.. Anak saya disunat pake metode smartklamp bun, sdh masuk hari ke 13 tp luka nya msih basah & ad cairan kekuning²an.. Nny sm tukang sunat nya, ktny itu aman² sj.. Dan saya cuma direkomen perawatannya cukup pakai salep aja.. Tapi saya khawatir sekali bun,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak gimana hasil sunatnya skrg? bisa mnta no wa nya? anak saya juga begitu skrg..=(

      Delete
  30. Memang menyesal jg menyunatkan anak dgn metode klamp.hrg cukup mahal dgn kesembuhan yg lama.anak saya sdh hari ke 17 luka nya masih basah dibagian bawahnya.kata dokter nya biasa pling lma 2 minggu.wlwpun tdak ada keluhan sakit.smoga cpat diberi kesembuhan bgi anak kami.aamiin.

    ReplyDelete
  31. Anak saya 4,5th tgl 2 desemner kmaren sunat pakai metode alisklamp ini,, hr ini tgl 7 desember lepas klamp,, tp stlah dilepas penis anak sy jd bengkak dan merah,, ada seperti nanah d sekeli2ng penis dekat kulit yg berwarna hitam,, sy coba tanya k teman yg jg dokter katanya kmungkinan klampny trlalu kecil jd penisny terjepit,, anak sy selalu nangis ktika pi2s,, buat ibu2 yg mau sunat anaknya mending gak usah deh pakai metode ini

    ReplyDelete
  32. Berbagi pengalaman saya baru ketemu dengan catatan ini. Benar untuk penyembuhan totol memang memakan waktu hampir satu bulan. Anak saya juga menggunakan sunat klamp, tp sebelumnya sudah di jelaskan dokter bahwa sembuh totalnya memang hinggga satu bulan untuk anak di atas 7 tahun sampai dewasa. Tapi Alhamdulillah anak saya sembuh total di hari ke 19, dan bekas khitan pun sangat baik. Seperti di khitan dari lahir. Untuk penyembuhan memang bervariasi jadi tidak perlu khawatir. Asalkan anak tidak mengalami sakit atau demam, terimakasih semoga membantu.

    ReplyDelete