Friday 12 May 2017

Service Learning (SL) IKM 2017 Part A2



Teman-teman yang penuh semangat!!!
 
Kali ini saya ingin menceritakan bagaimana mahasiswa Prodi Kebidanan UIN Alauddin Makassar melaksanakan SL. Sejak awal perlu saya sampaikan, bahwa kegiatan SL yang dilaksanakan ini belum sepenuhnya sesuai teori. Kami dalam kelas bersama sama berupaya menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Berikut adalah beberapa penyesuaian yang kami lakukan:

1. Penyesuaian Waktu

Tahun ini, mata kuliah IKM ditempatkan di blok II perkuliahan di Prodi Kebidanan. Bersama dengan mata kuliah Promosi Kesehatan dan satu mata kuliah klinik. Sejak awal, untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk ber-SL, saya berkordinasi dengan pengajar mata kuliah yang masuk pagi hari, agar jika diperlukan beliau bersedia mengatur jadwal dengan jadwal IKM sehingga mahasiswa memiliki waktu yang cukup untuk ke lokasi SL mereka. Alhamdulillah beliau setuju.

💪💝

2. Penyesuaian Materi

Penyesuaian materi meliputi memodifikasi modul pembelajaran yang telah saya buat agar materi yang dapat dicapai dengan SL diubah metodenya dari metode kuliah dalam kelas menjadi metode SL. Walhasil sekitar 2 atau 3 materi dapat di-SL-kan sekali jalan. Materi Social Determinants of Health, Promosi Kesehatan dan Pencegahan Penyakit  terkait KIA dapat di-SL-kan sekaligus.

3. Penyesuaian Pemahaman

Kami membangun kesamaan persepsi dengan mahasiswa, apakah mereka ingin ber-SL atau tidak. Alhamdulillah, mahasiswa menyambut antusias dan merasa bahwa SL daopat membantu mereka lebih kreatif dalam menyikapi isu kemasyarakatan.

Nah, bagaimana pengalaman teman-teman kebidanan UIN Alauddin ber SL?
Penasaran?
 
  Come on girls, please, ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar!!

20 comments:

  1. Assalamualaikum Wr. Wb Saya Sitti Maisyarah nim 007 dari kelompok 2.
    Pada waktu saya melakukan penyuluhan di salah satu panti asuhan yang ada di gowa tepatnya di panti asuhan Nurul Fatimah di paccinongan. Kami melakukan penyuluhan tentang Personal hygine, gosok gigi yang benar, potong kuku, membersihkan telinga dan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Tetapi sebelum melakukan penyuluhan kita berkumpul dulu di salah satu rumah teman kami untuk membuat segalah hal seperti membuat alat-alat game, membuat bingkisan, membungkus kado serta memasak untuk di bawah ke panti asuhan Nurul Fatimah. Sambil mempersiapkan semuanya kami sekelompok membagi tugas ada yang di dapur untuk mempersiapkan makan ada yang di ruang tamu dan di depan teras rumah untuk mempersiapkan bingkisan dan kado hadia dari game yang kami buat nanti di panti asuhan Nurul Fatimah, saya membantu mempersiapkan bingkisan dan kado setelah selesai membuat bingkisan dan kado saya masuk ke dapur untuk melihat teman saya didalam sambil membantu bantu, selesai dari dapur saya keluar di depan teras dan melihat ada teman saya yang membuat game yang akan di lakukan nanti di panti asuhan dan saya membantu meniup beberapa balon yang di dalamnya ada sebuah kertas kecil yang berisi tantangan dari game joget balon yang kami akan lakukan nanti di panti asuhan, sambil meniup niup balon saya sedikit bermain main meniup balon dan membuat teman-teman yang lain menertawaiku karena tingkah laku ku yang menurut teman saya lucu karena mereka tertawa.
    Tak lama kemudian setelah kami selesai mempersiapkan semuanya ada sebagian dari kami untuk segera lebih dulu datang ke panti asuhan untuk mempersiapkan penyuluhan serta game yang akan kami lakukan, dan yang lainnya lagi membantu teman kami di dapur untuk mempersiapkan lagi makan yang telah masak dan dibungkus dalam tempat yang telah disediakan. Setelah semua selesai kami bergegas untuk ke panti asuhan tetapi dalam menuju ke panti asuhan di jalan begitu macet dan tidak bisa sampai dengan cepat karena dijalan begitu macet karena jam pulang kerja, beberapa menit kemudian sampailah kami di panti asuhan dan kami di sambut dengan ramah oleh bapak, ibu, dan adik-adik di panti asuhan tersebut. Dalam melakukan penyuluhan kepada adik-adik kami juga memberikan konseling kepada anak-anak remaja tentang masalah haid dan masalah kesehatan reproduksi dan salah satu dari adik-adik ada yang bertanya tentang masalah haid dan di jawab oleh salah satu dari teman kami.
    Setelah melakukan penyuluhan dan bermain game, kami melihat ada seorang balita yang begitu lucu dan menggemaskan lalu salah satu dari teman saya menggendong dan bermain sebentar dengar anak balita tersebut, setelah teman saya menggendong lalu saya mengambil anak balita untuk saya gendong juga dan bermain main juga dengan anak balita itu yang di panti asuhan. Setelah bermain main dengan anak panti asuhan kami memberikan bingkisan dan memberikan kado kepada adik-adik yang menang dalam lomba game yang kami buat, tak lama kemudian setelah kegiatan penyuluhan selesai dan bermain game bersama anak panti asuhan kami meminta untuk foto bersama dengan adik-adik panti setelah selesai kami pamit kepada Bapak, ibu dan adik-adik panti asuhan untuk segera pulang.
    Mungkin itu singkat cerita dari penyuluhan yang kami telah lakukan dalam kelompok Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) di panti asuhan Nurul Fatimah Paccinongan gowa lebih dan kurangnya mohon di maafkan Wassalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wr.wb
    Saya EKA RISKA nim 70400115031 kelompok 2 kelas kebidanan A uin Alauddin makassar akan menceritakan pengalaman kelompok saya sewaktu mengadakan SERVICE LEARNING di panti asuhan NURUL FATIMAH jalan Mustafa dg.Bunga Paccinongang tanggal 19 April 2017 dengan jumlah anak-anak panti asuhan kurang lebih 85 orang.
    Setelah diadakan pembentukan kelompok kami kelompok 2 berkumpul bersama teman kelompok dan membentuk susunan kepanitiaan,ada yang menjadi bendahara,sekretaris ,seksi konsumsi,perlengkapan,humas dan saya sendiri di seksi acara yang mempersiapkan seluruh rangkaian acara.kami berunding dan diputuskanlah untuk memberi penyuluhan”SERVIVE LEARNING” kepada anak panti asuhan di panti asuhan Nurul Fatimah,setelah mengurus persuratan hari itu juga saya bersama teman-teman mendatangi panti asuhan tersebut untuk meminta izin kepada pembina Panti Asuhan dan Alhamdulillah kami diterima dan membuat janji untuk datang hari Rabu pukul 16.30 wita.
    Hari rabu pun tiba,setelah sebelumnya diadakan rapat dan perundingan kami sekelompok pun mulai mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti membuat berbagai macam games,mempersiapkan materi dan semacam flipchart untuk ditampilkan,membungkus kado dan hadiah serta memasak untuk persiapan makan bersama anak-anak Panti Asuhan.Setelah semua perlengkapan siap kami pun berangkat menuju panti asuhan Nurul Fatimah untuk melaksanakan kegiatan kami dan sampailah kita disana sebelum pukul 16.30 wita,sesampainya disana kami disambut oleh anak-anak panti asuhan dengan ramah dan sangat sopan,kami pun meminta izin kembali kepada pembina panti untuk memulai kegiatan,setelah dipersilahkan kami akhirnya memulai penyuluhan yakni penyuluhan tentang personal higiene berupa cara cuci tngan yang baik dan benar,cara menggosok gigi yang baik dan benar dll kepada anak-anak TK dan SD. Dan penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi dan bahaya seks bebas kepada anak usia remaja. Setelah itu kami mengadakan berbagai macam games untuk anak-anak dan memberikan hadiah kepada siapa saja diantara mereka yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.
    Ada berbagai macam games bermanfaat yang diadakan,anak-anak disuruh naik satu persatu untuk menusuk balon dan mengambil kertas berisi balon tersebut untuk dilihat pertanyaan dan apa-apa permintaan games,seorang anak bernama ilham yang berumur 10 tahun,dia merupakan anak yang paling percaya diri diantara anak-anak yang lainnya maju untuk memainkan games tersebut,isi dari balon yang ditusukkan adalah membaca doa-doa,surah-surah pendek,membaca puisi dan banyak lainnya,kemudian yang berhasil men jawab dan memainkan games diberikan hadiah dan bingkisan.Selanjutnya kami pun kembali merespond anak-anak mereka dengan riang dan suara yang kompak mengulang apa yang kami telah sampaikan dan mereka sudah menghafal yanyian nyanyian diantaranya nyanyian cara cuci tangan dan menggosok gigi.Kembali lagi ke acara berikutnya yakni makan bersama dengan anak-anak dan pengurus panti asuhan namun sayang magrib telah tiba dan anak-anak panti biasanya shalat berjamaah di mesjid dan mereka belum bersiap-siap,jadi kami memutuskan untuk membagikan saja makanannyaa dan kami meminta izin kepada pembina dan pengurus panti asuhan untuk pamit pulang dan salam-salaman dengan anak-anak panti asuhan.
    Kami pun akhirnya pulang kerumah dan mendapat pelajaran yang sangat berharga dan tak terlupakan dari kegiatan kami. Disana kami belajar arti kebersamaan,kami belajar pentingnya kerjasama tim dalam mewujudkan lancarnya suatau kegiatan,kami belajar bersyukur dan membuka mata melihat lingkungan sekitar bahwa masih ada orang yang tidak seberuntung kita,belajar untuk tidak mengeluh dan merasa cukup dengan pemberian Allah swt,serta belajar untuk saling berbagi ,menolong dan memberi manfaat kepada sesama,karena sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat kepada manusia yang lain.
    Sekian dari saya kurang lebihnya mohon dimaafkan wr.wb

    ReplyDelete
  3. Asssalamualaikum war.Wab.Perkenalkan nama saya Nurmawati (015) kelas kebidanan A FKIK UINAM.Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya ketika belajar dengan metode SL.Kami dibagi dalam 2 kelompok dan kebetulan saya dikelompok 2 dimana kami melakukan penyuluhan dipanti asuhan Nurul Fatimah Sungguminasa.Pengalaman yang luar biasa dimana kami belajar akan sebuah pengabdian dan solidaritas.Kelompok saya memilih lokasi yaitu panti asuhan dengan persepsi kami dapat memberikan sumbangsih secara langsung kepada anak-anak panti yaitu akan personal hygine mulai dari anak-anak sampai dengan remaja yang ada dipanti dan sekaligus kami dapat memberikan sedikit bantuan dalam bentuk ilmu,motivasi dan materil.Pada tanggal 19 April 2017.saya bersama teman-teman sebelumnya melakukan pembagian tugas dan membentuk 3 kelompok kecil dimana tugas1:mereka bertugas untuk menyiapkan hadiah dan parsel bagi anak-anak yang aktif menjawab dan bertanya dalam kegiatan nanti seperti (membungkus makan ringan,buku dan pulpen).kemudian tugas 2:mereka membuat alat praga yang akan kami pakai pada saat penyuluhan dan juga balon yang akan kami gunakan untuk bermain.Dan tugas 3 adalah mereka-mereka yang jago mengelola sesuatu yang mentah menjadi bisa dimakan yaitu memasak.Kami juga memberikan sedikit makanan pada anak-anak di Panti Asuhan Nurul Fatimah.kami janjian dengan kepala panti yaitu pukul 17.00wita.Dan Alhamdulillah kegiatan dapur dan persiapan kami selesai tepat pada waktunya.Kemudian pada 17.00 kami berangkat ke Panti Asuhan dan kami disambut baik oleh kepala dan ibu penjaga panti.Sesampai disana kami memulai dari kami mengumpulkan anak-anak yang berumur sekitaran 5-8 tahun untuk memberikan penyuluhan tentang personal hygine (mandi,gosok gigi, gunting kuku, cuci tangan).Anak-anak panti sangat antusias dengan kegitan yang kami adakan dengan raut wajah yang begitu gembira mereka memberikan feed back yang sangat bagus kepada kami dan memjawab semua pertanyaan yang kami berikan. Kami juga mengadakan permainan dengan memecahkan balon dimana didalam itu balon terdapat perintah seperti:bernyanyi cuci tangan,gosok gigi,membaca doa,dan beberapa ayat pendek).Dan setelah itu bagi anak-anak yang mampu menjawab dan memberanikan diri maju kedepat kami memberikan hadiah yang telah kami sediakan.Setelah anak- anak kami meminta para remaja untuk berkumpul dan kami mengadakan sharing terhadap kesehatan reproduksinya. Kami memberika penyuluhan tentang personal hygine, seks bebas dan kesehatan reproduksi pada para remaja.
    Para remaja juga antusias akan kegiatan kami dengan mereka bertanya akan mentruasi yang tidak teratur dan saya pun memberikan jawaban yang mudah mereka cerna supaya merekapun mengerti.Saya juga memberikan mereka nasehat akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan bahaya seks bebas yang ditimbulkan dari kelakuan remaja yang negative.Para remaja-remaja cowokpun saya memberikaan nasehat agarmereka jangan sampai mendekati rokok.Para remaja pun memberikan kami pengalaman yang luar biasa dengan mereka saling menjaga dan melindungi satu sama lain.Pada para remaja kami juga memberikan reward pada mereka yaitu buku dan pulpen yang telah kami bungkus.penyuluhan kami juga berdoa bersama dan membagikan makanan yang telah kami siapkan sebelumnya.Kami juga memberikan sedikit sumbangsih kepada anak-anak dalam bentuk amplop kepada bapak panti.Stelah itu sebelum magrib kami berpamitan karena telah masuk waktu magrib anak-anak pantipun harus shalat magrib dan kami pun kembali ke rumah masing-masing.Terimakasih,itulah sedikit pengalaman saya yang dapat saya bagikan kepada teman-teman sekalian.pengalaman yang sangat luar biasa yang dapat kita petik hikmah nya akan sebuah kebersamaan dan kita patut bersyukur akan keadaan yang kita alami karena masih banyak orang-orang dibawah kita yang kurang beruntung seperti anak-anak panti tetapi dengan keadaan seperti itu mereka tetap menjalani hidup dan bersyukur atas karunia terbesar Allah Swt.Yaitu kesehatan dan nafas yang masih dapat mereka nikmati setiap hari.Wasslamualaikum.war. wab

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Perkenalkan nama saya Mutmainnah (037) dari kebidanan UIN Alauddin Makassar angkatan 2015 kelas A kelompok 2. Disini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya saat mengadakan penyuluhan pada hari Rabu tanggal 19 April 2017 di salah satu Panti Asuhan yg ada di Gowa. Panti asuhan tersebut bernama Panti Asuhan Nurul Fatimah paccinongang. Sebelumnya saya sangat berterima kasih kepada dosen pembimbing dr Hira yang sudah memberikan tugas yang sangat bermanfaat untuk saya dan teman sekelompok. Awal cerita kami berdiskusi terlebih dahulu, penyuluhan apa yang akan kami lakukan dan di tempat mana kami akan memberikan penyuluhan. Setelah beberapa lama berdiskusi, akhirnya kami memutuskan untuk memilih Panti Asuhan Nurul Fatimah. Sebelum melakukan penyuluhan kami sekelompok berkumpul di salah satu rumah teman kami. Guna untuk persiapan penyuluhan kami yang membahas tentang personal hygiene, cara cuci tangan, cara sikat gigi, dan tentang seks bebas. kemudian kami membagi tugas masing-masing. Ada yang membeli bahan-bahan makanan untuk diberikan kepada anak-anak panti asuhan, ada yang membeli bahan untuk penyuluhan, ada yang memasak makanan, ada yang membungkus hadiah, ada yang menyusun materi yang akan di ajarkan, dan ada yang mempelajari materi yang akan di bawakan untuk penyuluhan nanti.
    Setelah semuanya selesai, kami bergegas untuk menuju panti asuhan. Semua bahan yang sudah selesai dimasukkan ke dalam mobil salah satu teman kami. Sementar saya dan teman-teman yang lain menuju panti asuhan dengan mengendarai motor. Perjalanan dari rumah teman menuju panti asuhan membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama sekitar 15 menit. 15 menit berlalu akhirnya kami sampai di panti asuhan. Kami di sambut dengan senang oleh warga panti asuhan Nurul Fatimah tersebut. Di panti asuhan kami melakukan pendekatan terlebih dahulu agar anak-anak panti asuhan tidak merasa canggung dengan kami. Karena waktu kami datang, muka mereka seperti heran dan mungkin bertanya-tanya karena kami datang berkelompok. Setelah itu kami meminta izin kepada ibu yang manjaga anak-anak panti asuhan tersebut agar bisa mengumpulkan seluruh anak-anak agar bisa mendengarkan penyuluhan yang telah kami siapkan. setelah mendapat izin, kamibKemudian kami memanggil anak-anak panti asuhan untuk berkumpul didalam ruang tamu. Setelah semuanya terkumpul kami memulai pembahasan. Yang dimana pembahasan kami tentang personal hygiene, cara cuci tangan,dan cara gosok gigi. Setelah ketiga pembahasan sudah selesai, kami memberikan kesempatan untuk anak-anak yang ingin bertanya. Dan juga kami memberikan pertanyaan kepada anak-anak panti, dan siapa yang bisa menjawab pertanyaan kami maka akan di berikan kado yang sudah kami siapkan terlebih dahulu. Kami juga mengadakan permainan kepada mereka. Setelah itu kami melakukan pendekatan kepada warga panti asuhan khususnya remaja-remaja yang sudah duduk di bangku SMP dan SMA. kami memberikan penjelasan tentang bahaya seks bebas, dan pergaulan bebas yang akan menghancurkan masa depan nanti.kami juga membahas tentang menstruasi. Setelah itu kami memberikan kesempatan untuk bertanya tentang bahaya seks dan pergaulan bebas. Ada salah satu remaja yang bertanya "Bagaimana itu kak kalau tidak teratur haidku? Sering juga sakit perutku, sama tegang payudaraku? Kenapa bisa itu kak?". Setelah mendengar pertanyaan tersebut kamipun menjawabnya "Menstruasi yang tidak teratur itu biasaji dek yang harus kita waspadai itu kalau darah haidta terlalu banyak dan waktu haidta panjangi.Dikarenakan beberapa faktor. Mungkin faktor stres dan makanan. Dan masalah sakit perut dan tegang payudarata itu faktor hormon. Normalji itu dek" . Setelah semuanya selesai kamipun mengambil foto bersama mereka dilanjutkan membagikan makanan yang sudah kami siapkan. Dan terakhir kamipun pamit untuk pulang. Mungkin itu saja yang bisa saya ceritakan dari hasil pengalaman penyuluhan saya. Kurang dan lebihnya mohon di maafkan. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum wr.wb
    Saya Anita.R 001 dari kelompok 2 .
    Sebelum kami melakukan kegiatan kami berkumpul di rumah teman kami ( nur asmi wahyuni ) dan sebelum itu kami membagi 3 bagian yaitu ada yg bagian dapur , hadiah dan games .
    Dan setelah itu kami mengerjakan sesuai bagian kami.
    Dan karena saya di bagian dapur , saya mulai mengerjakan pekerjaan didapur seperti memitong tempe masak nasi sayur dan sebagainyaa . Dan teman saya yg lain mengupas wartel dan saya paruk wartel , dan kami memasak nasi setengah matang setelah itu di dandang .
    Dan sesekali saya jalan keluar rumah untuk melihat teman2 yg lain yg lagi sibuk bungkus hadiah dan buat games buat adik-adik panti yang akan kita datangi .
    Dan tidak lama kemuadian masakan kami sudah siap di bungkus dan hadiah sama gamesnya juga sudah siap .
    Karena melihat hari sudah mau gelap akhirnya kami menyuruh teman yg lain untuk berangkat duluan kesana membawa hadiahnya . Dan saya dan teman yg lain tinggal untuk membungkus makanannya , tidak lama kemudian kami menyusl ke panti Asuhan Nurul Fatimah sekitaran kurang lebih jam 16.55 wita . Kami kesana dengan mengendarai 1 mobil dan ada beberapa diantara kami mengendarai sepeda motor . Kami sampai di sana agak lama karena keadaan di jalan tidak mendukung , macet total jadi kita susah buat sampai di tempat dengan waktu cepat . Karena sebagian dari kami ada yang belum tau tempatnya jadi kita saling menunggu di jalan , tidak lama kemudian kami pun terbebas dari macet yg sudah hampir satu jam di jalan .
    Sesampai d sana kami di sambut dengan baik oleh ibu panti, bapak panti dan adik-adik panti di sana , saya melihat adik-adik panti di sana terlihat senang dan bahagia dengan kehadiran kami ,Kemudian salah satu dari teman kami ( Nurmawti ) menjelsankan tentang personal hygine dan salah satu anak dari panti itu bertanya tentang haid .
    Dan kamipun mengajarkan adik-adik di sana cara mencuci tangan dengan baik dan benar sambil bernyanyi , adik-adik di sana terlihat senang dengan lagu cara mencuci tangan merekapun mengulang-ulang cara mencuci tangan sambil bernyanyi . Kami juga mengajarkan cara menggosok gigi yang benar Dan kami melakukan games dan membagikan hadiah buat adik-adik yang bisa menjawab pertanyaan dari kakak-yang lain akan di beri hadiah .Dan setelah semunya selesai kita berfoto bareng mereka sebelum pulang dan membagikan makanan kepada merekaa . Adik-adikpun terlihat senang sekali dengan hadiah yang di berikan , merekapun bergantian buat salman sama kakak-kakak yang mengunjunginya , mereka terlihat sopan , saya sempat berfikir pernah mau tinggal asrama , tinggal asrama mungkin sama yah dengan tinggal di panti ? Tapi kenyataanya berbeda !
    Adik-adik di panti itu diajari bagaimana bicara dengan orang yg lebih tua dari dirinya , dan mereka pun di ajari sholat 5 waktu .
    Alangkah bahagianya hati kami bisa berbagi dan bisa bertemu dengan adik-adik yang baik solehah dan rajin sholat , alhamdulillah .
    Setelah itu kami berpamitan untuk pulang kerumah masing-masing karena hari sudah mulai gelap dan adik-adik panti pun mulai bersiap untuk sholat magrib berjama'ah .

    Singkat cerita dari sayaa lebih dan kurangnya mohon di maafkan wassalamualaiku wr.wb

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum wr.wb
    Saya fitriani 011 dari kelompok 2 melakukan penyuluhan di panti asuhan nurul fatimah di jl.andul mutolib .
    Sebelum saya dan teman-teman yang lain kelokasi terlebih dahulu saya dan teman-teman yang lain mempersiapkan semuanya dirumah salah satu teman kami.
    Dan kami memulai bekerja bersama ada yg bagian dapur , hadiah dan gamesnya . Setelah itu saya sendiri berada di bagiah hadiah saya membungkus hadiah buat adik-adi panti , walaupun hadiahnya tidak begitu mewah . Dan teman-teman yang lain juga mengerjakannpekerjaannya masing-masing .
    Dan saya mendengar teman saya yg lain mempersiapkan gamesnya di luar dan meniup balon . Sayapun ikut bergabung karena pekerjaan saya sudah selesai (membungkus hadiah) setelah itu kami mulai bercanda dengan teman yang lain , adapun teman yang mempersiapkan poster dan menggunting kertas untuk d tempel dan teman yg lainnya meniup balon . Setelah itu kami menghias poster dgn guntingan-guntingan kertas kecil agar terlihat menarik . Setelah itu kita mulai bersantai sejenak sambil menunggu masakan di dapur selesai . Krn di dapur terlalu banyak jadi kita yang lain hanya duduk di ruang tamu , tapi seketika saya masuk intuk melihat keadaan dapur bagaimana . Dan saya melihat teman saya ada yg memasak telur ada yg memotong tempe dan ada yg menggorengnya , ada juga yg mengupas wartel dan ada yang me maruknya .
    Setelah itu salah satu dari teman saya memasak nasi setengah matang kemudian di dandang , dan ada yg membuat mie . Setelah itu karena waktunya sudah menunjukan jam setengah 4 saya dan teman yg lain mulai berangkat ke sana sambil membawa hadiah dan balon , dan tentunya bawa diri masing2 rhehhe
    Sesampai d sana orang panti dan anak-anak panti menyambut kami dengan baik. Dan kami memperkenalkan diri masing-masing dan kami mengajarkan cara memcuci tangan dengan benar dan menggosok gigi . Sayapun dan teman2 yang lain membuat ruangan mulai rame karena kami melakukan 7langkah cara mencuci tangan dengan benar dengan menggunakan lagu . Adik-adikpun terlihat senang dan bahagia dan menyukai lagu Cara mencuci tangan dengan benar .
    Merekapun selalu mengulangnya . Setelah itu kami melakukan games yaitu dansa balon . Dan salah satu teman kami menjelaskan tentang personal hygine , dan menganjurkan adik-adik untuk bertanya . Tak lama kemuadian teman-teman saya yang lain datang dengan membawa makanan dan mereka pun ikut bergabung . Kami memulai membagika hadiah kepada adik-adik .
    Kami pun mulai berfoto bareng dan adik-adik mulai berjalan dan menyalaminkami 1 persatu .rasanya bahagia bisa bertemu dengan mereka . Mereka di ajar begitu baik dan mereka pun cepat mengerti . Saya mendengar adik-adik begitu menyukai lagunya sampai-sampai d nyanyikan terus .
    Setelah itu kami mulai membagikan makanannya kepada adik-adik dan bapak ibu panti , kamipun mulai berkemas kemas untuk pulang , tapi setelah itu kami membersihkan ruangan yg sudah d tempati tadi krn banyak kertas yg terhambut . Jadi salah satu teman saya menyapu dan adapun dede bayi kami bergantian menggendongnya .
    Karna hari sudah mulai gelap dan sudah mau sholat magrib akhirnya kami berpamitan dengan adik-adik di sana dan ibu panti , dan kami melihat para adik-adik tersebut berlombalomba untuk mengambil air wudhu krn mau sholat magrib . Merekapun kembali menyalami kami dan mengucapkan terimakasih .
    Kamipun beranjak pulang dari tempat penyuluhan kami yaitu panti asuhan nurul fatima .

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Indah (005).Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sebelum kami penyuluhan di Panti Asuhan Nurul Fatimah di Paccinongang pada tanggal 19 April 2017.Sebelumnya kami meminta izin kepada pemilik Panti untuk melakukan penyuluhan di yayasannya. Saat sudah dapat izin,kami kumpul di rumah teman untuk persiapan penyuluhan"SERVICE LEARNING" sekitar jam 12.00 WITA.Hal-hal yang disiapkan adalah hadiah untuk anak panti,menyiapkan makanan untuk santapan malamnya.Sehingga kami bagi tugas agar persiapannya cepat selesai.teman kami sudah menyelesaikan tugasnya yaitu bungkusan hadiahnya tapi yang didapur masih mondar-mandir urus masakannya.Meskipun mereka sudah selesai,ia tetap membantu kami.Alangkah bahagia kurasa karena kita sungguh-sungguh untuk melakukan kegiatan itu.Sambil menunggu makanan untuk dibawa ke panti,sebagian ke sana untuk memberikan penyuluhan mengenai personal hygiene pada anak-anak serta memberikan penyuluhan pada anak usia remaja tentang bahaya pergaulan bebas pada usia remaja.sebagian teman masih mengurus makanan yang akan diberikan pada anak panti.Kami terus berbagi tugas untuk menghemat waktu.Setelah sampai disana sekitar jam 16.00 WITA,mereka menyambut kami dengan senang hati dan kami langsung perkenalkan diri kemudian segera penyuluhan tentang personal hygiene,diantaranya cara cuci tangan dengan tujuh langkah, cara gosok gigi serta mandi minimal 2x sehari untuk anak-anak.Alasan kami melakukan penyuluhan tentang personal hygiene karena anak-anak cenderung hanya ingin bermain-main saja tanpa memikirkan kesehatan dirinya sehingga kami perlu untuk memberitahukan ilmu yang kami dapat selama ini.Demi mencegah kuman-kuman yang masuk melalui tangannya itu yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya,sehingga kami perlu mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat.Begitupun dengan penyuluhan tentang bahaya pergaulan bebas terhadap remaja karena remaja cenderung untuk mencoba-coba(tinggi rasa ingin tahunya)melakukan apa yang belum pernah ia dapatkan sehingga kami perlu memberikan sedikit pemahaman mengenai masalah yang dihadapi.Manfaat yang saya dapatkan dari penyuluhan ini adalah saya sadar akan pentingnya sesuatu yang dianggap kecil bisa bermanfaat besar bagi diri-sendiri.Manfaat untuk anak-anak luar biasa sangat berguna karena membiasakan hal-hal baik waktu kecil,insya allah akan dibawa terus menerus kedepannya,demikian dengan masyarakat sekitar,merasa bahwa itu hal yang sangat berguna,karena tanpa menjaga kesehatan,kita tidak bisa berdiri untuk menatap dunia didepan mata kita.Jika seandainya kegiatan penyuluhan ini dilakukan lagi,maka saya berharap ini menjadi pelajaran,pengalaman,motivasi untuk mau menuangkan ilmu yang saya dapatkan dalam kegiatan ini.Kemudian,disela-sela penyuluhan kami menyelingi games goyang balon,Isi dari balon itu diantaranya membaca surat pendek,doa-doa harian serta membaca puisi.Anak-anak disana sangat antusias mengikuti games-games yang diajukan.Sambil menunggu,kami melanjutkan penyuluhan pada remaja mengenai pergaulan bebas.Mereka mendengarnya dengan seksama.Kami memberikan support bahwa kalian bersyukur karena kehidupan sehari-harinya diawasi oleh petugas panti sehingga tidak ada waktu untuk hal-hal yang buruk untuk masa depan kalian, kalian harus bersyukur mengenai hal ini karena banyak orang diluar sana tidak sempat menerima tentang pengetahuan ini.akhir dari penyuluhan,kami memberikan hadiah bagi peserta penyuluhan dan anak-anak yang berani unjuk tangan untuk mempraktekkan cara cuci tangan,dll.Selesai acara, kami membagi-bagikan makanan kepada mereka sebagai santapan untuk makan malam nantinya.Mereka sangat bersyukur menerima hadiah,serta mendoakan kami agar sukses nantinya.Setelah itu,kami bergegas pulang sebelum magrib karena rumah kami berjauhan.Itulah ceritaku mengenai penyuluhan ini.semoga menjadi pengalaman berharga bagi kami khususnya diri-pribadi.Berguna,berkah ilmunya untuk diri-pribadi maupun orang lain,sekarang maupun yang akan datang.

      Delete
  8. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. dok saya kasnur (017) saya dan teman-teman kelompok 2 Pada hari rabu tanggal 19 April 2017 kami melakukan penyuluhan tentang personal hygiene dan pergaulan bebas terhadap remaja di panti asuhan nurul fatimah sungguminasa, sebelum kami berangkat ke panti asuhan saya dan teman-teman kumpul dirumah salah satu temanku untuk mempersiapkan apa-apa saja yang harus dibawah ke panti asuhan, dirumah temanku kami mempersiapkan makanan, dan kami membungkus hadiah untuk adik-adik panti, serta membuat mading tentang personal hygiene dan pergaulan bebas. Pada pukul 12:00 wita kami mulai mempersiapkan semuanya, kami membagi tugas ada yang bertugas di dapur dan ada yang bertugas membungkus hadiah untuk adik-adik panti serta membuat mading tentang personal hygiene, selesai membungkus hadiah serta membuat mading kami membantu teman-teman yang di dapur, tidak lama kemudian semuanya sudah selesai di masak tinggal di bungkus, kami mulai membungkus makanan. setelah selesai membungkus makanan,saya dan teman-teman merapikan semua yang akan di bawah ke panti mulai dari makanan bungkus sampai dengan mading. Setelah itu saya dan teman-teman siap-siap bergegas ke panti asuhan, sebelum kami kepanti asuhan nurul fatimah sungguminasa kami terlebih dahulu menghubungi pihak dari panti asuhan tersebut bahwa kita akan berangkat ke panti asuhan nurul fatimah sungguminasa kami tiba di panti asuhan adik-adik dan seusiaku sangat senang dengan kedatangan kami, kami memperkenalkan nama dari kampus mana jurusan apa, setelah itu kami memberikan materi tentang personal hygiene dengan menggunakan mading, nah disini kami memberikan penjelasan tentang cara cuci tangan, "baik adik2 disini kakak akan menjelaskan cara cuci tangan, nah cuci tangan ini sangat penting, setiap kita melakukan tindakan dan sesudah melakukan tindakan sangat penting untuk mencuci tangan karna bisa saja kuman yang menempel ditangan bisa masuk ketubuh maka dari itu sangat penting untuk mencuci tangan, cara cuci tangan langkah 1 telapak tangan langkah 2 punggung-punggung jari langkah 3 sela-sela jari langkah 4 buku-buku jari langkah 5 jempol-jempol jari langkah pergelangan tangan". Disini kita juga memberitahu tentang mandi yang teratur dan baik yaitu minimal 2x sehari, kami juga memberikan penjelasan tentang gosok gigi minimal 2x sehari, dan kami juga memberikan penjelasan tentang pergaulan bebas, pergaulan bebas disini sangat merusak masa depan bagi remaja-remaja, pergaulan bebas sebenarnya tergantung dari kita dan cara kita bergaul, jika kita bergaul dengan orang yang pergaulannya sangat buruk maka ada kemungkinan besar kita terjerumus didalamnya, maka dari itu adik-adik hindari pergaulan bebas supaya masa depan kita tidak terancam. Setelah memberikan materi kami bermain games dengan adik-adik , games yang kami berikan adalah games goyang balon hhh disini sangat lucu adik-adik panti tertawa lepas kami sangat senang melihatnya dan adik-adik yang menang mendapat bingkisan dari kami adik-adik yang lain juga dapat bingkisan, setelah memberikan bingkisan kami membagikan nasi bungkus ke adik-adik dan seusia saya serta ibu panti.
    kami bahagia melihat tawa adik-adik panti tawa mereka sangatlah manis walaupun mungkin hatinya terluka karna di tinggal dengan orangtuanya tapi mereka bisa keluar dari kesedihan yang ia rasakan karna dia mempunyai banyak teman-teman di panti suka duka, kami sangat senang bisa berbagi ilmu dengan mereka dia sangat bahagia karna ilmunya bertambah dia sangat berterima kasih kepada saya dan teman-teman karna sudah menyempatkan waktu yang paling untuk datang ke panti, terima kasih adik-adik sudah menerima kedatangan kami, rama dengan kami, mudah-mudahan ilmu yang kami berikan bisa bermanfaat untuk adik-adik sampai bertemu dilain waktu adik-adik Mungkin itu saja yang bisa saya cerita dengan pengalaman penyuluhan kami dok kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.
    Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Assalamu alaikum Wr.Wb perkenalkan nama saya Sitti Khadijah nim 021 di sini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya sewaktu penyuluhan adapun materi yang kami bawakan itu tentang PERSONAL HYGIENE.
    Kami melakukan penyuluhan pada tanggal 19 April 2017 di panti asuhan Nurul Fatimah,sebelum kami melakukan penyuluhan adapun persiapan yang harus di siapkan terlebih dahulu yaitu kami berkumpul di rumah salah satu dari teman kelompok kami untuk mempersiapkan semuanya,kami berkumpul di rumah asmi jam 13.15 dan kami saling membagi tugas masing-masing ada yang mempersiapkan makanan,bingkisan dan mempersiapkan materi dalam bentuk clip chart,setelah berbagi tugas masing-masing kami langsung bergegas untuk mengerjakan tugas kami masing-masing, saya sendiri di beri tugas untuk mempersiapkan materi dalam bentuk clip chart yang di mana materinya itu menjelaskan cara cuci tangan yang baik dan benar,cara gosok gigi,menjaga kebersihan kuku dan telingan,serta memeri tahu untuk mandi 2 kali sehari,setelah selesai mempersiapkan materi saya dan teman yang lain mempersiapkan games yaitu balon yang di isi dengan gulungan kertas yang di dalam kertas tersebut tertulis seperti bacakan doa sebelum dan sesudah makan lalu balon tersebut di tiup pada saat meniup balon sitti maisyarah membuat kami tertawa dengan tingkah laku lucungnya yang susah untuk di jelaskan kami semua sangat bahagia dan kami melakukan segalanya dengan kompak,kerjasama yang baik,saya sangat senang karena kami saling berbaur satu sama lain dan kamipun melanjutkan untuk meniup 5 balon yang masing-masing di isi dengan berbagai macam perintah entah itu baca puisi,menyayi dan baca surat-surat pendek,setelah selesai menyiapkan materi,games dan juga bingkisan saya dan teman-teman yang lain bergegas ke dapur untuk membantu teman-teman yang ada di dapur menyiapkan makanan yang akan kami bagikan ke pada anak-anak panti,sambil kami menyiapkan makanan dan mengisinya ke dalam kotak kami bercakap-cakap di dapur dan saling bercanda-tawa,tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 16:30 dan kami haru ke panti asuhan untuk melakukan penyuluhan sementara masih ada beberapa kotak yang belum terisi makanan,kamipun sepakat bahwa yang bertugas di dapur menyelesaikan semuanya lalu menyusul dan yang membawakan materi bersiap untuk ke panti,kamipun sampai di panti pukul 17:00 dan kami langsung saja memulai materi tentang PERSONAL HYGIENE pada anak-anak,kami memberi bingkisan pada anak yang dapat mengulang kembali apa yang telah kami jelaskan seperti cara mencuci tangan yang baik dan benar dan anak-anak tersebut sangat antusias dan semangat tapi kami hanya memilih 5 orang di antaranya yang terlebih dahulu mengangkat tangan,setelah itu kami bermain games dan ada 5 balon kami memilih lagi 5 anak untuk bermain masing-masing anak memilih warna balon yang mereka sukai dan setelah itu kami pecahkan balonya dan ada kertas yang tadi kami tulis dan perintahnya membaca puisi,anak tersebut membaca puisi dan membuat kami semua tertawa dengan kelakuannya dan tingkah lucunya,sampai games selesai kami beranjak untuk memberi penyuluhan tentang kesehatan reproduksi kepada remaja,dan ada seorang remaja yang bertanya tentang menstruasi ia bertanya begini “kk kenapa klau saya haid perut saya terasa sakit” dan salah satu dari kami menjawab bahwa itu namanya dismenore atau nyeri pada perut bagian bawah atau terasa keram pada saat haid itu hal yang normal tidak apa-apa. Dan kami memberi bingkisan kepada anak-anak remaja tersebut berupa alat tulis yang dapat mereka pergunakan dengan baik, dan setelah kami selesai menyampaikan materi kamipun berbincang-bincang dengan semua anak yang ada di panti lalu kami melakukan foto bersama dan pamitan kepada semua anak panti terutama kepada pemilik panti kami mengucapkan banyak terima kasih karenah sudah di beri kesempatan untuk melakukan penyuluhan.

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum Wr.Wb
    Perkenalkan Nama saya Nur Fadhila Mustajab nim 70400115039 kelas kebidanan A FKIK UINAM. Saya akan menceritakan pengalaman saya ketika memberikan penyuluhan di Panti Asuhan Nurul Fatimah Sungguminasa Pada tanggal 19 April 2017. Dalam kelas kami di bagi menjadi 2 kelompok dan saya sendiri berada pada kelompok 2. Kelompok saya memilih panti asuhan sebagai tempat kami untuk memberikan penyuluhan. Sebelum kami melakukan penyuluhan, kami berdiskusi terlebih dahulu dan membuat planning untuk acara penyuluhan kami. Yang pertama kami lakukan ialah membentuk kelompok kecil,di mana ada yang bertugas untuk memasak di dapur ( sebagai konsumsi ), ada yang membungkus hadiah sebagai hadiah untuk games yang akan kami mainkan saat berada di panti dan ada yang membuat alat peraga yang akan kami gunakan pada saat membawakan materi penyuluhan nantinya. Setelah membagi beberapa kelompok kecil, kami pun bergegas untuk menyiapkan semua yang kami butuhkan di salh satu rumah teman kelompok kami. Setelah, sampai di rumahnya kami mulai untuk bekerja sesuai dengan pembagian kelompok yang sudah dibagi. Saya dan teman kelompok saya janjian dengan kepala panti bahwa kami akan datang memberikan penyuluhan pada pukul 17.00 Wita. Kami memilih memberikan penyuluhan pada sore hari karena pada pagi hari anak-anak panti sedang sekolah. Jadi kami memilih untuk memberikan penyuluhan pada sore hari.
    Setelah semua persiapan kami selesai, dimana makanan sudah siap,hadiah sudah dibungkus dan alat peraga telah jadi kami pun berangkat menuju Panti Asuhan Nurul Fatima. Sesampai di panti, kami disambut oleh kepala dan ibu penjaga panti asuhan. Yang pertama kami lakukan sesampai di panti mengumpulkan anak-anak yang berumur 5-10 tahun untuk memberikan penyuluhan tentang personal hygine yaitu mandi 2 kali sehari, menggosok gigi pada pagi dan malam hari, menggunting kuku, mencuci tangan sebelum makan. Setelah materi diselingi dengan bermain games dengan memecahkan balon dimana di dalam balon terdapat perintah membaca surah-surah pendek. Anak-anak panti terlihat sangat gembira dengan games yang kami buat. Kami juga memberikan pertanyaan kepada ank panti tentang materi yang kami bawakan tadi dan yang mampu menjawab pertanyaan kami akan kami beri hadiah yang telah kami siapkan. Setalah kami bermain games dengan anak-anak dan membagikan hadiah, kami pun berlanjut kepada para remaja di panti. Kami meminta kepada para remaja untuk berkumpul dan kami memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi, personal hygine dan seks bebas. Para remaja ini sangat antusias dalam mendengarkan materi yang kami bawakan. Ada beberapa dari remaja yang bertanya tentang menstruasi yang tidak teratur dan nyeri pada perut saat menstruasi dan salah dari teman kelompok saya menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh remaja tersebut. Kami juga memberikan penjelasan kepada remaja pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan bahaya seks bebas pada kalangan remaja. Dan pada remaja laki-laki kami memberikan penjelasan tentang bahaya rokok bagi kesehatan. Kamipun memberikan hadiah pada para remaja yang memberikan pertanyaan selama materi dibawakan. Di akhir penyuluhan kami berdoa bersama. Setelah selesai berdoa, kami membagikan makanan yang telah kami siapkan sebelumnya. Setelah kami membagikan makanan kami pun berfoto bersama bersama kemudian setelah foto bersama kamipun berpamitan kepada anak-anak panti dan ibu panti. Kami sangat berterima kasih kepada kepala panti dan ibu panti yang telah mengizinkan kami untuk berbagi ilmu kepada anak-anak panti dimana kamipun juga belajar tentang pentingnya pengabdian dan solidaritas sesama mahluk sosial.
    Terima kasih juga kepada dosen kami Dr.Hira yang telah membimbing kami dan mempercayakan kepada kami untuk melakukan kegiatan penyuluhan ini.
    Itulah pengalaman yang dapat saya sharing kepada teman-teman semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Wassalmualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  12. Bismillahahirrahmanirohim
    Assalamualaikum wr.wb
    Saya Eka riskawati(027)dari kelompok 2 ingin menceritakan sedikit pengalaman tentang penyuluhan yang dilakukan dipanti asuhan Nurul FAtimah yang di lakukan pada hari rabu 19 april 2017 yang bertempat di paccinongan,kabupaten gowa tentang materi personal hygiene,gosok gigi,cuci tangan,potong kuku dan pergaulan bebas.Pada awalnya kami berkumpul dan berdiskusi terlebih dahulu untuk merencanakan kegiatan apa yang akan dilakukan di panti asuhan selain memberikan materi.Pada hari selasa,saya dan teman-teman berkumpul kembali dan menyusun atau membagi-bagi tugas.Setelah berdiskusi kami bergegas dan langsung pergi berbelanja ke Agung membeli hadiah untuk adik-adik karena kami juga akan mengadakan sebuah games.Kami juga mempersiapkan barang-barang untuk untuk memasak ,alat untuk membuat mading untuk materi yang akan di sampaikan nantinya.Kami juga membuat makanan untuk diberikan kepada adik-adik di panti asuhan.Pada hari rabu tepatnya tanggal 19 april 2017,setelah pulang dari kuliah kami berkumpul dan bersama-sama ke salah satu rumah teman kami.Di sana kami merancang dan mengerjakan semua hal-hal yang telah di diskusikan dan yang akan disampaikan nantinya.Setelah shalat zuhur kami mulai berkerja.Kami saling membagi tugas untuk mengerjakan semuanya.Sebagian dari kami ada yang mulai membungkus hadiah yang akan di berikan,ada juga yang membuat mading yang akan di presentasikan dan ada yang mulai memasak di dapur untuk makanan yang akan di bagikan.Disamping mengerjakan itu, kami juga merencanakan susunan acara yang akan di lakuakan di sana.Beberapa jam kemudian,pembuatan mading dan pembungkusan hadiah telah selesai.Teman-teman yang telah selesai pekerjaannya membantu teman yang di dapur.Setelah semuanya selesai,makanan pun sudah masak kami mulai membungkus makanan tersebut.Di samping itu, ada salah satu dari kami yang menghubungi pembina panti asuhan bahwa kami akan segera kesana. Setelah makanan kami bungkus, kami segera bergegas untuk menuju ke tempat lokasi tersebut.Beberapa menit kemudian,kami pun sampai ditempat tersebut.Sesampai disana,adik-adik panti asuhan menyambut kami dengan gembira.Mereka bahagia sekali dengan kedatangan kami.Kami mulai berkenalan dengan mereka dengan menyebut nama,dari kampus mana dan jurusan apa.Seiring berjalannya waktu,kami mulai menyampaikan materi tentang personal hygiene yaitu cara menggosok gigi,cuci tangan.Kami menjelaskan materi satu persatu,yang pertama itu menggosok gigi.Kami menjelaskan pada adik-adik bahwa menggosok gigi itu minimal 2 kali dalam satu hari.Dilakukan itu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.Materi kedua yaitu cara mencuci tangan yang baik.Kami menjelaskan cara cuci tangan dengan 6 langkah dengan menggunakan sabun dan air mengalir.Caranya itu yaitu gosok-gosok telapak tangan,punggung tangan,sela-sela jari,buku-buku jari,ibu-ibu jari dan yang terakhir itu pergelangan tangan.Cuci tangan di lakukan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu hal atau kegiatan.Materi selanjutnya itu adalah tentang pergaulan bebas.Setelah kami menjelaskan semua materi,kami melanjutkan dengan games atau permainan.Dipermainanitu,kami memberikan kesempatan kepada adik-adik untuk bertanya dan mengulang materi yang telah di sampaikan.Jika mereka bisa,kami memberikan hadiah yang telah di sediakan.Setelah itu, kami memberikan hadiah kepada adik-adik.Disamping itu kami berfoto dengan adik-adik sebagai kenang-kenangan.Beberapa menit kemudian,kami mulai membagi makanan yang telah kami sediakan.Setelah itu kami pun mulai bergegas untuk pulang.kami berpamitan dengan ibu dan bapak pembina panti asuhan dan adik-adik.Kami senang sekali bisa mengadakan penyuluhan di panti asuhan nurul fatimah karena dari situ kami juga ikut merasakan bagaimana kehidupan di panti asuhan.Mungkin itu yang dapat saya ceritakan tentang pengalaman saya pada saat mengadakan penyuluhan di panti asuhan bersama teman-teman saya.saya akhiri dengan ucapan"wasssalamu alaikum wr.wb"

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum wr.wb
    Perkenalkan nama saya siti seprinita vanath nim (029) saya dari kelompok 2. Di sini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya saat saya menjalankakn SL . Saya dan teman-teman kelompok saya melakukan penyuluhan di salah satu panti asuhan di gowa tapatnya di pacinongang yaitu panti asuhan nurul fatimah.
    1. APA YANG DILAKUKAN
    Sebelum kami melakukan penyuluhan kami menyiapkan semua peralatan yang di butuhkan pada saat penyuluhan seperti alat peraga untuk materi penyuluhannya . Setelah semuanya selesai Kami pergi ke panti sekitar jam 14:00 karena mengingat adik adik panti sekolah sehingga kami memilih waktu sore pada jam pulang sekolah agar semua adik adik dapat menngikuti penyuluhan yang kami berikan sesampainya disana kami di sambut oleh adik-adik panti mereka tampak gembira dan mereka juga sangat ramah, Sebelum kita memberikan materi , kita memperkenalkan diri selesai kita perkenalan kita belum masuk ke materi kita masih mengadakan sebuah permainan sehingga penyuluhannya tidak terlalu membosankan, gamenya adalah kami membuat potongan kertas-kertas kecil yang di masukan di dalam balon potongan kertas kecil itu tertulis surah-surah pendek dan ada adik adik panti tampak senang dengan permainan itu kami juga membuat hadiah bagi adik-adik yang dapat menghafal surah atau doa dengan baik dan benar, Kami juga memberikan sedikit makanan ringan kepada adik adik panti .Mereka terlihat bahagia Setelah permainan selesai kami memualai penyuluhan tentang personal hygiene yaitu kebersihan kuku, cara memotong kuku yang baik dan benar, kebersihan telingan ,cara mencuci tangan dengan benar , kebersihan mulut deengan cara menggosok gigi 2x sehari,kebersihan diri dan kebersihan daerah genitalia ,kami juga menjelaskan sedikit tentang kesehatan reproduksi pada remaja ,adik adik memperhatikan,mendengar dengar baik dan menyimak apa yang kami berikan. Kami sangat senang karena dapat membantu dan shering tentang pengetahuan yang kami dapat ke adik adik.
    2. APA YANG DIPELAJARI
    Dari pengalaman yang didapat banyak hal yang kita pelajari disana seperti kebersamaan mereka, karena kebersamaan mereka semua membuat kita benar-benar terharu dan membuat kita merasa bahwa kita sebagai mahluk social kita harus menjaga kebersamaan yang kita semua dan kita juga harus saling berbagi kepada yang lain.
    3. KENAPA MELAKUKAN KEGIATAN ITU ? ALASANYA
    Kita melakukam kegiatan tersebut karena sesuai dengan mata kuliah kami yaitu tentang ilmu kesehatan masyarakat dan kami mengambil materi tentang personal hygiene
     Alasalnnya
    Alasan kenapa kami menjelaskan tentang personal hygiene itu karena kami ingin adik-adik mengetahui bagaimana itu personal hygiene dan dapat melakukannya dengan benar contohnya seperti mencuci tangan kita ingin adik-adik dapat mencuci tangan dengan baik dan benar singga adik-adik semua dapat terhindar dari kuman-kuman yang membawa penyakit.
    4. APA MANFAAT UNTUK ANAK-ANAK
    Manfaat yang dapat dapat diambil dari penyuluhan kami yaitu adik-adik semua akan lebih mengerti tentang kebersihan dan dapat melakukannya dengan baik dan benar.
    5. APA MANFAAT UNTU MASYARAKAT >
    Manfaat untuk masyarakat yaitu dengan adanya penyuluhan tersebut maka mereka akan lebih sering meenjaga kebersihan diri dan dapat melaukan cuci tangan dengan benar sehingga mereka dapat mengaplikasikan ke kehidupan mereka masing-masing.
    Mungkin itu sedikit pengalaman yang dapat saya ceritakan dari penyuluhan yang kami lakukan dalam mata kuliah Ilmu kesehatan masyarakat (IKM ) . Terimah kasih kepada dosen mata kuliah IKM dr Hira yang telah mempercayai kami untuk melakukan Service learning (SL).
    Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan dok
    Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Asslamualaukum warahmatullahiwabarakatuh
    Perkenalkan nama saya Astuti (019) kebidanan A angkatan 2015 dari kelompok 2 kami ingin melakukan penyuluhan di Panti Asuhan gowa paccinongan "Nurul Fatimah" dilaksankan pada hari Rabu, 19 April 2017. kami pun bersama teman - teman. kami membuat kesepakatan apa yang harus di persiapkan untuk penyuluhan kami setelah kami sepakat, sebelum pergi ke tempat penyuluhan kami mempersiapkan alat - alat dan bahan yang harus dipersiapkan. setelah sudah siap semuanya kami pun berangkat kerumah teman untuk membuat persiapan yang harus dibawa ke panti yaitu membagi kelompok memasak - masak dan persiapan untuk penyuluhan sesampai dirumah teman, kami pun membagi kelompok komsumsi untuk membuat makanan sebagian teman di dapur dan sebagian teman membuat clipart untuk persiapan materi yang akan diberikan, meniup balon, membungkus kado, yang diberikan nantinya Saya dibagian komsumsi untuk membuat makanan setelah selesai pekerjaan di dapur, sayapun membantu teman di luar untuk membantunya agar cepat selesai, setelah pekerjaan selesai kami pun berangkat ke panti asuhan sesampai di panti asuhan sebelum kegiatan dimulai kami menperkenalkan diri dan maksud kehadiran kami untuk memberikan penyuluhan. Memberikan penyuluhan menjelaskan tentang personal hygne, cara marawat kebersihan diri, menggosok gigi, tujuh langkah mencuci tangan , setelah kami menjelaskan kami pun panggil naik siapa yang bisa mempraktekkan apa yang sudah dijelaskan, yang bisa naik mempraktekkan nanti diberikan hadiah. Dan kami memberikan game memilih balon, balonnya ada lima macam warna sesuai warna yang disukainya lalu menusukkan didalam balon tersebut. Ada kertas yang bertuliskan seperti membaca puisi, membacah surah pendek, menyanyi, anak - anak melakukan sesuai perintah dengan benar mereka sedang tertawa bahagia memberikan materi beserta game. setelah melakukan game tersebut kami menyerahkan kado yang diberikan adik - adik yang telah naik yang sudah menantang game yang diberikan, selanjutnya untuk anak remaja lagi kami berikan penyuluhan tentang seks bebas, karena pergaulan zaman sekarang sangat berbahaya lebih banyak dampak negatifnya bagi kita semua berbeda dengan zaman sebelumnya yang belum masih banyak tiruan yang dapat dilihat oleh anak remaja sekarang sangat berbeda. Semakin tahun ketahun semakin cangih, maka dari itu kami meberikan penyuluhan pentingnya untuk menghindari pergaulan bebas, mereka pun mengerti tentang bagaimana itu pergaulan bebas dan dampak yang terjadi pada pergaulan bebas. Dan selesai memberikan penyuluhan, kami memberikan kado berupa alat tulis menulis, dan kami bersama anak panti berfoto bersama dan memberikan makanan. semoga ilmu yang kami berikan dapat bermanfat bagi kita semua, semoga kita dapat bertemu lagi agar diberi kesehatan umur panjang agar kiranya kami bertemu memberikan penyuluhan agar kami kita semua menjadi insan yang berguna bagi bangsa kita. kami mengucapkan banyak terima kasih kepada yang sepihak panti Asuhan Nurul fatimah, berterimah kasih atas kesempatannya untuk memberikah penyuluhan kepada adik - adik. Adapun tujuan kami memberikan penyuluhan kepada anak - anak untuk mencapai tujuan hidup sehat dengan cara memperbaharui perilaku anak dan masyarakat dengan menyampaikan pesan dan dapat membuat lebih sadar akan pentingnya pola kehidupan yang sehat. Walaupun penyuluhan kami ini sangat sederhana dan semoga kedepannya banyak berkembang lagi dan memberikan penyuluhan yang lebih seru lagi. Semoga ilmu yang didapat dapat diterapkan dalam kehidupan sehari - hari. Sebelum saya menutup cerita singkat saya apabila ada kata - kata yang kurang berkenang mohon dimaafkan. Itulah cerita singkat saya sewaktu memberikan penyuluhan kepada anak panti asuhan "Nurul fatimah". Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikumwarohmatullahiwabarokatuh
    Perkenalkan nama saya Satriani Arman Kebidanan A Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar ingin menceritakan sedikit pegalaman saya penyuluhan tentang Personal Hygine dan Sistem Reproduksi pada Remaja. Pada hari itu kami bergegas ke rumah salah satu rumah teman kami untuk melakukan berbagai persiapan yaitu mempersiapkan konsumsi, alat yang digunakan untuk penyuluhan, dan berbagai hadiah untuk permainan. Setelah sampai di rumahnya, kami pun membagi tugas dimana ada yang mempersiapkan konsumsi, ada yang membuat peralatan penyuluhan dan ada pula yang membuat hadiah. Hari semakin larut dan tak terasa persiapan kami pun hampir selesai. Dan setelah persiapan kami selesai, kami pun bergegas ke tempat penyuluhan, yaitu di Panti Asuhan Nurul Fatimah. Sesampai di sana, kami disambut oleh petugas panti dan kami pun ikut menyapa petugas panti asuhan dan anak-anak panti asuhan serta menjelaskan apa tujuan kami datang ke tempat mereka. Setelah menyapa dan memberi penjelasan, pertama kami melakukan berbagai jenis permainan, yaitu salah satunya memecahkan balon yang berisi pertanyan misalnya siap yang mampu menghafal surat pendek Al-Qur’an yang ada di dalam balon tersebut maka akan mendapatkan hadiah berupa buku dan snekc, menyanyi dan tebak-tebakan. Setelah beberapa saat permainan berlangsung sangat meriah dan anak-anak panti terlihat sangat senang dan gembira setelah mendapatkan hadiah yang telah kami persiapkan khusus untuk hadiah game. Setelah permainan selesai kami pun melanjutkan dengan memberikan penyuluhan tentang personal Hygine dan Sistem reproduksi pada Remaja. Dan kami membagi tugas dalam dua kelompok yaitu kelompok remaja dan anak-anak. Pada remaja kami menjelaskan tentang personal hygine dan kesehatan reproduksi pada remaja dan memberikan penyuluhan tentang bahaya pergaulan bebas dan sebagainya. Dan pada anak-anak kami menjelaskan tentang pentignya menjaga personal hygine. Karena pada anak-anak pada umumnya masih belum mengetahui pentingnya menjaga kebersihan terutama pada kebersihan diri. Setelah penyuluhan selesai kami pun memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertanya tentang apa saja yang sudah disampaikan. Setelah penyuluhan selesai kami pun makan bersama dan membaca doa makan secara bersama-sama yang di pimpin oleh salah satu anak panti. Setelah kami makan bersama, kami pun menutup acara penyuluhan dan mengucapkan banyak terimakasih kepada petugas panti katera diberikan kesempatan untuk melakukan penyuluhan. Setelah itu kami pun berfoto bersama anak-anak panti dan juga petugas panti sebagai kenangan tersendiri bagi kami begitupun juga dengan anggota keluarga panti. Begitu nikmatmatnya rasa kebersamaan yang saya lalui saat penyuluhan tersebut. Karena disitulah saya banyak belajar dan melihat masih banyak orang yang kurang kasih sayang dari orangtuanya. Salah satunya ada anak kecil berusia 8 bulan yang masih sangat membutuhkan kasihsayang dari orang tua dan keluarga. Namun disisi lain dia masih diberikan sedikit kasih sayang diri orang-orang yang sama seperti dirinya.
    Mungkin hanya itu sedikit pengalaman yang bisa saya ceritakan kepada teman-teman semua. Mudah-mudahan dengan apa yang saya ceritakan dapat memberikan manfaat untuk teman-teman.
    Terimakasih.
    Kami melakukan penyuluhan tentang pentingnya personal hygine dan skesehatan reproduksipada remaja bertujuan untuk:
    1. Anak-anak dapat mengetahui manfaat menjaga kebersihan tubuh dan
    2. Remaja dapat mengetahui pentingnya menjaga system reproduksi
    3. Untuk masyarakat yaitu masyarakat dapat mengetahui pentingnya kebersihan diri karena seperti yang diketahui tidak hanya anak-anak yang belum mengrti tentang pentingnya kebersihan diri
    Kami melakukan penyuluhan tersebut karena bagi kami ini adalah satu hal yang sangat pentng bagi kehidupan, karena tidak melakukan kebersiahan pada diri sendiri maka kan gampang terserang penyakit dan pada remaja belum banyak yang mengerti tentang bahaya pergaulan bebas.
    Suasana : - sangat ramai dan anak-anak sangat antusias

    Assalamualaikumwarohmatullahiwabarokatuh

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum Wr. Wb.Saya Rosdiana Rahayu,Nim 003,dari kelompok 2, kelompok kami melakukan penyuluhan di panti asuhan nurul fatimah dipaccinongang pada tanggal 19 April 2016,saat itu sekitar jam 4,saat itu kami sedikit khawatir apakah penyuluhan ini dapat terlaksana atau tidak karena terjadi hujan yang sangat deras tetapi Alhamdulillah pada saat semua perlengkapan dan makanan telah siap beberapa lama kemudian hujan berhenti dan kami sangat bersyukur karena hujan berhenti dan dapat pergi melakukan penyuluhan ,rata - rata yang tinggal di panti asuhan tersebut berusia sekitar 5 tahun sampai usia remaja bahkan ada yang berusia dibawah 2 tahun yang masih digendong, disana juga kebanyakan penghuninya orang dari timur ada dari flores, ambon, dan sebagiannya dari makassar dll,kelompok kami melakukan penyuluhan tentang personal Hygiene seperti mandi, cara menggosok gigi yang benar, cara mencuci tangan yang benar,menggunting kuku,membersihkan telinga, kami juga memberikan penyuluhan bagi usia remaja tentang apa itu seks bebas, bahaya yang dapat terjadi akibat seks bebas dan menjelaskan keluhkan yang dialami oleh remaja disana seperti dimana siklus haidnya yang berubah - ubah. kemudian kami memberikan penjelasan sesuai keluhan yang dialami remaja tersebut . kemudian selama kami memberikan penyuluhan setiap disela - sela materi kami memberikan beberapa permainan, agar anakanak disana tidak merasa bosan ataupun mengantu, dll.Lalu sebelum kami melakukan penyuluhan di panti asuhan tersebut kami pertama - tama mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan dari kegiatan penyuluhan Yang dilakukan dirumah salah satu teman saya, disana kami memasak makanan Yang akan dibagikan nanti dimana makanannya berisi nasi, telur, tahu, tempe, sayur, cobek dan lauk lainnya, kami juga membuat bingkasan yang berisi makanan ringan untukanak - anak disana , kami juga membungkus hadiah yang berisi buku dan pulpen yang nantinya hadiah itu untuk yang berusia remaja ,dan kami juga menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk penyuluhan . Kalau saya dibagian perlengkapan dan dokumentasi, Kalau perlengkapan kami mengurus hadiah, bingkisan,dan perlengkapan penyuluhan yang akan digunakan nantinya kemudian disalah satu permainan yang kami lakukan di sela-sela penyuluhan yaitu memecahkan balon yang didalamnya berisi kertas yang sudah ditulis perintah atau tantangan seperti membaca doa untuk kedua orangtua, doa dunia dan akhirat,membaca surat pendek seperti surah Al Falaq, surah Al ikhlas, surah An nass, membaca surah Ad dhuha, membaca ayat kursi, menyanyi, membaca puisi dan lain lain. Kemudian pada saat materi mencuci tangan kami menyanyikan lagu mencuci tangan 7 langkah dan setelah kami menyanyi lagu tersebut kami memberi kesempatan bagi anak anak dari panti asuhan tersebut untuk evaluasi, dimana anak - anak dari panti asuhan menujuk tangan kemudian berdiri diatas disamping kami untuk mengulang nyanyian tersebut dan setelah menyanyi kami lalu memberi hadiah bagi anak - anak tersebut . Kemudian setelah penyuluhan ataupun kegiatan yang kami berikan selesai , kemudian kami membagikan makanan yang telah kami masak.pada saat pemberian hadiah mereka sangat senang, dan mereka juga menyimak apa materi yang diberikan.yang dapat diambil bagi anak anak maupun remaja dari panti asuhan tersebut yaitu dimana mereka bisa tau tentang apa itu personal hygiene,apa - apa sajakah bagian dari personal hygiene,apa yang bisa tibul atau akibat yang terjadi bila tidak menjaga personal hygiene atau apabila tidak menjaga kebersihan, dan bagi remaja mereka bisa mengetahui apa itu seks bebas dan bahaya yang dapat ditimbulkan dari seks bebas, dan lain - lain.Kemudian manfaat yang bisa kami ambil dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang sangat bagus karena disana kita dapat berbagi pengetahuan yang kami miliki.
    Ituyang tadi cerita singkat dari penyuluhan yang saya dan teman - teman dari kelompok 2 yang dapat kami berikan dan ceritakan . Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, apabila ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan. Terimah kasih
    Assalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum,Wr.Wb.Nama saya Nur Asmi Wahyuni NIM035 Kebidanan A angkatan 2015 UIN Alauddin Makassar.Saya senang belajar MK IKM karena dengan materi praktek yang menyenagkan dan dosen yg baik dan cara pembelajaran sangat menyenagkan.Salah satu pembelajarannya yaitu service learning kita diberi tugas untuk melakukan penyuluhan tentang kesehatan.Pada saat itu saya masuk menjadi kelompok 2 dan kami memlilih memberikan penyuluhan kepada saudara dan adik di panti Asuhan Nurul Fatimah yang letaknya tidak terlalu jauh dari kampus UIN Alauddin Makassar tepatnya di Jl.Mustafa dg.Bunga Paccinongang dengan jumlah anak-anak panti asuhan kurang lebih 85 orang.Pada Tanggal 19 April 2017 kelompok kami melakukan penyuluhan,awalnya kami mulai dengan mempersiapkan makan malam untuk adikadik dan saudarasaudara kita dipanti Asuhan tersebut. Saat itu kami membuat makanan dan sedikit bingkisan untuk adikadik dan saudarasaudara dipanti.Menu yang kita buat sangat sederhana. Kami membuat makanan dan bingkisan serta alat peraga yang ingin kami sampaikan itu dirumah saya yang tidak terlalu jauh dr Panti Asuhan.Kami memulai memasak dan membuat segala macam persiapan pada jam 13.00Wita karena pada saat itu kami ada kuliah smpai jam 12.00Wita.Dan kami menuju lokasi penyuluhan tepatnya diPanti Asuhan Nurul Fatimah pada jam 16.30 Wita.Pada saat itu kami membagi tugas ada yang memberikan materi untuk anakanak dan Remaja,games,bagi-bagi makanan.Pada saat itu kita memberikan materi penyuluhan kepada anakanak yaitu cara mencuci tangan sikat gigi yang benar dan baik.Dan untuk Remaja kami memberikan materi penyuluhan yaitu personal hygien pada pria dan wanita terutama pada daerah genetalia.Kami memberikan penyuluhan sekitar 45 menit yang diselingi dengan main games dengan adikadik dan tanya jawab serta membagibagi bingkisan dan makanan untuk mereka.Dan ditutup dengan foto bersama. Kami meninggalkan Panti Asuhan Tersebut sebelum adzan Magrib.Banyak pelajaran yang dapat saya ambil dalam kegiatan tersebut yaitu merasakan kebersamaan,lebih mempererat silaturrahmi,lebih memperdalam ilmu yang dipelajari,meraskan indahnya berbagi dengan adikadik dan saudarasaudara yang telah yatim piatu yang tidak memiliki kelurga serta semangat hidup mereka yang sangat luar biasa walau mereka tidak memiliki lagi Ayah,Ibu ataupnun keluarga.Dan yang paling utama yang dapat saya pelajari yaitu sabar dan ikhlas dengan berbagai cobaan yang telah dihadapi walaupun itu berat.Kami melakukan penyuluhan kepada adikadik dan saudarasaudara diPanti karena ingin memberikan pemahaman mengenai personal hygien kepada mereka karena masih banyak sudarasaudara kita belum paham dengan baik caracara merawat diri dengan baik dan bersih.Dan menurut saya pribadi,karena melakukan penyuluhan diPanti Asuhan sangat berbeda dibandingkan ke sekolahsekolah karena dengan melakukan penyuluhan diPanti saya dapat melihat dan merasakan kebahagiaan mereka ketika diberikan suatu pengetahuan dan dapat menjalin silaturrahmi dengan orang banyak.Manfaat untuk anak dalam kegiatan kali ini yaitu mendapat banyak ilmu tentang cara cuci tangan gosok gigi yang baik dan benar serta indahnya kebersamaan dalam berbagi satu sama lain dan agar anak-anak paham tentang pentingnya kebersihan sejak dini.Manfaat bagi masyarakat mengenai penyuluhan ini yaitu pentingnya berbagi kepada orang lain yang membutuhkan dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan menjaga keluarga tetap utuh.Karena anak adalah hadiah/titipan yang terindah dari Allah SWT jangan sampai meyianyiakan mereka.Manfaat untuk diri saya pribadi yaitu mendapat banyak sekali ilmu tentang kebersamaan,kekompakan,saling membantu sesama ummat manusia,sabar dan iklas menghadapi cobaan,serta tawakkal kepada Allah SWT dangan berbagai cobaan yang diberikan.Seandainya saya diberikan kesempatan lagi untuk melakukan penyuluhan di Panti Asuhan Nurul Fatimah saya akan memberikan penyuluhan tentang PHBS dan lebih banyak memberikan makanan dan hadiah kepada mereka.Maaf jika ada katakata yang salah karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT, Terima kasih. Waalaikumsalam,Wr.Wb

    ReplyDelete
  19. Asssalamualaikum Wr.Wb. Nama sya Nelly Alfira(025)kelas kebidanan A FKIK UINAM.Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya ketika belajar dengan metode SL.Di kelas kami berjumlah 39 Mahasiswi sehingga Kmi harus dibagi dalam 2 klpk dan kebetulan sya dikelompok 2.setelah berdiskusi bersama teman-teman yg lain,kami sepakat melakukan penyuluhan dipanti asuhan Nurul Fatimah Gowa.Ini merupakan Pengalaman yg luar biasa dimana kami belajar tentang sebuah kebersamaan,solidaritas dan pengabdian.Kalian pasti bertanya kenapa Klpk saya lebih memilih lokasi panti Asuhan dari pada tempat yg lain seperti sekolah,karena menurut presepsi kami panti asuhan dapat memberikan sumbangsih secara langsung yaitu akan pentingnya personal hygine mulai dari anak-anak sampai dengan remaja yg ada dipanti dan sekaligus kami dapat memberikan sedikit bantuan dlam bentuk ilmu dan materil,Pada tgl 19 April 2017.saya bersama teman-teman yg lain telah sepakat sebelumnya melakukan pembagian tugas dan membentuk 3 klpk kecil dimana tugas 1:mereka bertugas untuk menyiapkan hadiah dan parsel bagi anak-anak yg aktif menjawab dan bertanya dalam kegiatan nanti seperti(membungkus makan ringan,buku dan pulpen).Kemudian tugas 2:mereka membuat alat praga yg akan kami pakai pada saat penyuluhan dan juga balon yg akan kami gunakan untuk bermain Dan tugas 3 adalah mereka-mereka yg jago mengelola sesuatu yg mentah menjadi bisa dimakan yaitu memasak, karena Kami juga memberikan sedikit makanan pada anak-anak di Panti Asuhan Nurul Fatimah.Sebelumnya kami sudah janjian dengan kepala panti Asuhan Nurul fatima bahwa kami akan melakukan penyulahan yaitu pada pukul 17.00 wita.Kami mulai melakukan persiapan dari pukul 13.00 dan Alhamdulillah kegiatan dapur dan persiapan kami selesai tepat pada waktunya.Kemudian pada 17.00 kami berangkat ke Panti Asuhan,ada yg berangkat dengan menggunakan mobil karena alat peraga yg dibutuhkan serta alat-alat yg lain d masukkan ke dalam mobil termasuk makanan yg akan diberikan kepada anak panti nantinya dan sebagiannya lagi berangkat menggunakan motor.disana kami disambut baik oleh kepala dan ibu penjaga panti.Sesampanya disana kami memulai dari melakukan pendekatan dulu supaya mereka tidak terlalu canggung dengan kami dan kemudian mengumpulkan anak-anak terlebih dahulu untuk memberikan penyuluhan tentang personal hygine.anak-anak panti sangat antusias dengan kegitan yg kami adakan dengan raut wajah yg begitu gembira mereka memberikan feed back yg sangat bagus kepada kami dan memjawab semua pertanyaan yg kami berikan.Kami juga mengadakan permainan dengan memecahkan balon dimana didalam balon tersebut terdapat kertas yg berisi perintah seperti:bernyanyi cuci tangan,gosok gigi,membaca doa dan beberapa ayat pendek).Bagi anak-anak yg mampu untuk menjawab pertanyaan yg kami berikan dan memberanikan diri maju kedepan,kami memberikan hadiah yg telah kami siapkan.Setelah tadi kami bermain sambil belajar dengan anak- anak,sekarang giliran kami meminta para remaja untuk berkumpul dan mengadakan sharing terhadap kesehatan reproduksinya.kami memberika penyuluhan tentang personal hygine,seks bebas dan kesehatan reproduksi pda para remaja.Para remaja di Panti Asuhan inipun juga antusias akan kegiatan kami dengan mereka mengajukan pertanyaan akan mentruasi yg tidak teratur dan kami pun memberikan jawaban yg mudah mereka cerna supaya merekapun mengerti.Para remaja laki-lakipun kami berikaan nasehat agar mereka jangan sampai mendekati rokok.Kepada para remaja kami juga memberikan reward pada mereka yaitu buku dan pulpen yg telah kami siapkan.Dipenyuluhan kami juga berdoa bersama dan membagikan makanan yg telah kami siapkan sebelumnya.Itulah sedikit pengalaman yg saya dapat bagikan kepada teman-teman sekalian.Adapun manfaat dari belajar dengan Menggunakan metode SL ini kita dapat berinteraksi langsung dengan masyarat dan kita juga dapat belajar dari mereka.Mungki itu saja pengalaman yg dapat saya bagika jika ada kesalahan penulisan saya Minta maaf Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete