Friday 14 June 2013

Cenderamata dari anggota senat Oz



Catatan ini dimuat di Tribun Timur Makassar, 14 Juni 2013
            Ketika mengantar anak-anak ke sekolah di Cowandilla Primary School, Adelaide, pagi tadi, kami menerima cendramata dari seorang anggota parlemen Australia, Steve Georganas MP. Hadiah ini terdiri dari beberapa peralatan sekolah seperti pensil, penghapus, block note, tas, kalender dan dompet pensil. Ada juga selembar kartu nama. Beliau sendiri langsung yang memberikan kepada siapa saja yang lewat di depan sekolah atau orang tua yang baru turun dari mobil mengantar anaknya ke sekolah tersebut. Tidak ada anak-anak sekolah yang diberikan.

Australian Parliament House di Canberra. Foto milik Parliament of Australia, diakses melalui http://www.aph.gov.au/~/media/06%20Visit%20Parliament/canberra1341505-20121029.ashx

Dia bersama seorang perempuan, mungkin itu adalah isterinya atau mungkin pula stafnya. Keduanya berdiri di pinggir jalan, depan sekolah. Kami tidak melihat ada penyambutan resmi dari pihak sekolah, misalnya memasang spanduk ucapan selamat datang atau umbul-umbul. Bahkan, tidak ada guru atau staf dari sekolah yang turut mendampingi di luar. Kalau di Indonesia biasanya, menyambut anggota DPR pusat seperti itu, pihak sekolah sudah siap dengan pakaian seragam, sibuk menyiapkan konsumsi,  dan bahkan murid-murid diatur berbaris mengibarkan bendera. 

Semua aktifitas sekolah berlangsung seperti biasa, tak berubah. Yang berbeda, kelihatan hanya ada empat baliho kecil, bergambar anggota senat tersebut lengkap dengan namanya. Ukuran baliho ini sekitar 1 x 1 meter, atau mungkin seukuran bentangan koran. Baliho diletakkan di pinggir jalan, tak perlu kayu penyanggah atau dipaku ke pohon.

            Model seperti inilah antara lain yang dilakukan oleh anggota senat Australia dalam mencari simpati publik. Mereka datang langsung menemui masyarakat, tanpa pakai tim sukses yang beranggotakan banyak orang. Tak ada pula pengerahan massa. Dalam tas yang diberikan, terdapat penjelasan program yang sudah dia laksanakan dan beberapa yang program yang akan dia teruskan. Dijelaskan pula kontribusi partainya secara khusus kepada sekolah dasar Cowandilla tersebut.

            Di Australia, merebut simpati dilakukan dengan simpel, praktis, tanpa merusak lingkungan. Dan sudah pasti, tanpa serangan fajar! ***
Adelaide, 14 Juni 2013

No comments:

Post a Comment